Pendekatan,
strategi, metode, dan teknik pembelajaran
a. Pendekatan Pembelajaran
Menurut Joni (1992/1993) pendekatan adalah cara umum dalam memandang
permasalahan atau objek kajian. Dengan
demikian, dapat dikemukakan pendekatan pembelajaran adalah cara memandang
terhadap pembelajaran. Pendekatan siswa
aktif memandang pembelajaran akan terjadi apabila siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran. Dengan menerapkan pendekatan siswa aktif dalam pembelajaran, guru
hendaknya mengembangkan pembelajaran yang memungkinkan dapat dijadikan wahana
bagi siswa untuk bisa lebih aktif dalam memahami.
b. Strategi
pembelajaran
Bila guru telah mengambil keputusan tentang
pendekatan yang akan diterapkan dalam pembelajarannya, maka langkah selanjutnya
adalah menentukan strategi yang akan digunakan.
Menurut Dimyati dan Seodjono mengemukakan
bahwa strategi dalam pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan
mengupayakan terjadinya konsistensi antaa aspek darai komponen pembentukan
sistem pembelajaran. Dalam hal ini guru mengatur siasat tertentu, tidak juga
dalam pelaksanaan pembelajaran tetapi juga dalam perencanaan pembelajaran.
Oleh karena itu segala kegiatan pembelajaran yang
dilakukan yang tidak berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran tidak
dapat dikatagorikan sebagai strategi pembelajaran. Untuk dapat merancang dan
melaksanakan strategi pembelajaran yang efektif, seorang guru dituntut harus
memiliki khasanah metode pembelajaran yang kaya.
c. Metode
pembelajaran
Method adalah berarti cara. Apabila kita
kaitkan dengan pembelajaran, metode adalah cara yang digunakan guru dalam
membelajarkan siswa. Metode lebih menekankan pada peran guru, dan juga sering
beriringan dengan kata mengajar. Joni (1992/1993)
mengutarakan bahwa metode adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum
yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.
Namun sekarang muncul pertanyaan,
bagaimana langkah dan prosedur penggunaan suatur metode? Setiap metode mengajar
memiliki langkah – langkah penggunaannya sendiri.
d. Teknik pembelajaran
Teknik pembelajaran mengarah dan mengacu
pada ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu,
seperti kemampuan dan kebiasaan guru, kesiapan siswa, kesiapan peralatan ajar
dan sebagainya.
Teknik pembelajaran merupakan wujud
konkret dari penggunaan metode, strategi dan pendekatan pembelajaran. Dalam
langkah atau teknik pembelajaran, kita dapat mengetahui metode, strategi, dan
pendekatan yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran. Yang penting untuk
diingat bahwa suatu kegiatan pembelajaran baik penggal kegiatan maupun kegiatan
utuh mempelajari tidak mungkin hanya diwujudkan oleh penggunaaan satu metode
saja, meskipun metode tersebut telah mampu ditampilkan dalam teknnik
pembelajaran yang efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar