Minggu, 15 Juni 2014

Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran



Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran

a.      Pendekatan Pembelajaran
Menurut Joni (1992/1993) pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian.  Dengan demikian, dapat dikemukakan pendekatan pembelajaran adalah cara memandang terhadap pembelajaran.  Pendekatan siswa aktif memandang pembelajaran akan terjadi apabila siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Dengan menerapkan pendekatan siswa aktif dalam pembelajaran, guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang memungkinkan dapat dijadikan wahana bagi siswa untuk bisa lebih aktif dalam memahami.
b.       Strategi pembelajaran
Bila guru telah mengambil keputusan tentang pendekatan yang akan diterapkan dalam pembelajarannya, maka langkah selanjutnya adalah menentukan strategi yang akan digunakan.  Menurut Dimyati dan Seodjono mengemukakan bahwa strategi dalam pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antaa aspek darai komponen pembentukan sistem pembelajaran. Dalam hal ini guru mengatur siasat tertentu, tidak juga dalam pelaksanaan pembelajaran tetapi juga dalam perencanaan pembelajaran.
Oleh karena itu segala kegiatan pembelajaran yang dilakukan yang tidak berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran tidak dapat dikatagorikan sebagai strategi pembelajaran. Untuk dapat merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran yang efektif, seorang guru dituntut harus memiliki khasanah metode pembelajaran yang kaya.
c.        Metode pembelajaran
Method adalah berarti cara. Apabila kita kaitkan dengan pembelajaran, metode adalah cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa. Metode lebih menekankan pada peran guru, dan juga sering beriringan dengan kata mengajar. Joni (1992/1993) mengutarakan bahwa metode adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.
Namun sekarang muncul pertanyaan, bagaimana langkah dan prosedur penggunaan suatur metode? Setiap metode mengajar memiliki langkah – langkah penggunaannya sendiri.
d.       Teknik pembelajaran
Teknik pembelajaran mengarah dan mengacu pada ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu, seperti kemampuan dan kebiasaan guru, kesiapan siswa, kesiapan peralatan ajar dan sebagainya.
Teknik pembelajaran merupakan wujud konkret dari penggunaan metode, strategi dan pendekatan pembelajaran. Dalam langkah atau teknik pembelajaran, kita dapat mengetahui metode, strategi, dan pendekatan yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran. Yang penting untuk diingat bahwa suatu kegiatan pembelajaran baik penggal kegiatan maupun kegiatan utuh mempelajari tidak mungkin hanya diwujudkan oleh penggunaaan satu metode saja, meskipun metode tersebut telah mampu ditampilkan dalam teknnik pembelajaran yang efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar