1. Makna dan
prinsip umum bimbingan
1. Bimbingan adalah proses
2. Bimbingan adalah bantuan
3. Bantuan itu diberikan kepada individu
4. Tujuan bembingan adalah perkembangan optimal
Prinsip umum
bimbingan
1. Bimbingan diberikan kepada individu yang sedang berada dalam proses
berkembang
2. Bimbingan diperuntukkan bagi semua siswa
3. Bimbingan dilaksanakan dengan memperdulikan semua segi perkembangan siswa
4. Bimbingan berdasar pada pengakuan atas kemampuan individu untuk menentukan
pilihan
5. Bimbingan adalah bagian terpadu dari proses pendidikan
6. Bimbingan dimaksudkan untuk membantu siswa merealisasikan dirinya
2. Kedudukan
dan permasalahan bimbingan di SD
PP No
28/1989 Pada pasal 25
1. Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya
menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan
2. Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing
Target
layanan bimbingan,
a. Siswa dengan kecerdasan dan kemampuan tinggi
b. Siswa yang mengalami kesulitan belajar
c. Siswa dengan perilaku bermasalah
3. Hubungan
bimbingan dengan kurikulum
Kurikulum
merupakan rancangan pengalaman belajar bagi siswa untuk mempercepat
perkembangan intelektualnya. Karena perkembangan siswa SD yang bersifat
holistic yang menghendaki keterpaduan antara layanan bimbingan dan proses
pembelajaran
Pertama,
bimbingan merupakan piranti (instrument) untuk memahami rentang kecakapan,
prestasi, minat, kekuatan, kelemahan, masalah, dan karakteristik perkembangan
siswa sebagai segi- segi esensial yang mendasar perencanaan kegiatan kurikuler.
Kedua,
bimbingan membantu siswa dalam memahami dan memasuki kegiatan belajar yang
disediakan dalam pengalaman kurikuler itu.
4.
Pendekatan perkembangan dalam bimbingan
a. krisis
b. remedial
c. preventif
d.
perkembangan
1. Didalam pendekatan krisis pembimbing menunggu munculnya suatu krisis dan
dia bertindak membantu seseorang yang menghadapi krisis itu
2. Didalam pendekatan remedial guru akan memfokuskan bantuannya kepada upaya
menyembuhkan atau memperbaiki kelemahan- kelemahan yang tampak.
3. Pendekatan preventif mencoba mengantisipasi masalah- masalah generic dan
mencegah terjadinya masalah itu.
4. Pendekatan perkembangan merupakan pendekatan yang lebih mutakhir dan lebih
proaktif dibandingkan dengan ketika pendekatan sebalumnya. Pemahaman tentang
ketrampilan dan pengalaman khusus yang dibutukan siswa untuk mencapai
keberhasilan disekolah dan dalam kehidupan.
5. Layanan responsive ialah layanan yang diarahkan untuk membantu siswa
mengatasi masalah- maslah yang dihadapi pada saat itu.
Layanan
dasar bimbingan adalah layanan umum yang diperuntukkan bagi semua siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar