Minggu, 15 Juni 2014

Hakikat Bimbingan di SD



1. Makna dan prinsip umum bimbingan

1. Bimbingan adalah proses
2. Bimbingan adalah bantuan
3. Bantuan itu diberikan kepada individu
4. Tujuan bembingan adalah perkembangan optimal

Prinsip umum bimbingan
1. Bimbingan diberikan kepada individu yang sedang berada dalam proses berkembang
2. Bimbingan diperuntukkan bagi semua siswa
3. Bimbingan dilaksanakan dengan memperdulikan semua segi perkembangan siswa
4. Bimbingan berdasar pada pengakuan atas kemampuan individu untuk menentukan pilihan
5. Bimbingan adalah bagian terpadu dari proses pendidikan
6. Bimbingan dimaksudkan untuk membantu siswa merealisasikan dirinya

2. Kedudukan dan permasalahan bimbingan di SD
PP No 28/1989 Pada pasal 25
1. Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan
2. Bimbingan diberikan oleh guru pembimbing
Target layanan bimbingan,
a. Siswa dengan kecerdasan dan kemampuan tinggi
b. Siswa yang mengalami kesulitan belajar
c. Siswa dengan perilaku bermasalah

3. Hubungan bimbingan dengan kurikulum
Kurikulum merupakan rancangan pengalaman belajar bagi siswa untuk mempercepat perkembangan intelektualnya. Karena perkembangan siswa SD yang bersifat holistic yang menghendaki keterpaduan antara layanan bimbingan dan proses pembelajaran
Pertama, bimbingan merupakan piranti (instrument) untuk memahami rentang kecakapan, prestasi, minat, kekuatan, kelemahan, masalah, dan karakteristik perkembangan siswa sebagai segi- segi esensial yang mendasar perencanaan kegiatan kurikuler.
Kedua, bimbingan membantu siswa dalam memahami dan memasuki kegiatan belajar yang disediakan dalam pengalaman kurikuler itu.

4. Pendekatan perkembangan dalam bimbingan
a. krisis
b. remedial
c. preventif
d. perkembangan
1. Didalam pendekatan krisis pembimbing menunggu munculnya suatu krisis dan dia bertindak membantu seseorang yang menghadapi krisis itu
2. Didalam pendekatan remedial guru akan memfokuskan bantuannya kepada upaya menyembuhkan atau memperbaiki kelemahan- kelemahan yang tampak.
3. Pendekatan preventif mencoba mengantisipasi masalah- masalah generic dan mencegah terjadinya masalah itu.
4. Pendekatan perkembangan merupakan pendekatan yang lebih mutakhir dan lebih proaktif dibandingkan dengan ketika pendekatan sebalumnya. Pemahaman tentang ketrampilan dan pengalaman khusus yang dibutukan siswa untuk mencapai keberhasilan disekolah dan dalam kehidupan.
5. Layanan responsive ialah layanan yang diarahkan untuk membantu siswa mengatasi masalah- maslah yang dihadapi pada saat itu.
Layanan dasar bimbingan adalah layanan umum yang diperuntukkan bagi semua siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar